Bahaya Formalin Bukan Hanya Kanker

Salah satu penyebab meningkatnya kasus kanker?adalah karena semakin banyaknya masyarakat yang mengonsumsi berbagai makanan mengandung unsur formalin. Mengapa bahan kimia, seperti formalin, kini marak digunakan?
Dibandingkan beberapa tahun yang lalu, saat ini cukup banyak kasus penyakit kanker yang ditemui di masyarakat.

Salah satu penyebabnya adalah pola makan yang kurang sehat, khususnya konsumsi berbagai makanan yang mengandung formalin. Selain menyebabkan kanker, formalin dapat juga mengakibatkan?iritasi pada anggota tubuh yang dilaluinya. Misalnya pada kulit, saluran pernapasan, maupun pada lambung.?Apabila hal itu berlangsung dalam waktu yang lama, maka dapat menyebabkan kanker.

Selain formalin, unsur kimia yang banyak digunakan untuk produk makanan dan biasa dikonsumsi oleh anak-anak adalah zat pewarna pakaian atau zat kimia lainnya yang dicampurkan dalam makanan. Sebetulnya sangat mudah untuk membedakan zat pewarna pakaian yang digunakan untuk makanan, yakni zat pewarna pakaian itu akan menempel pada mangkok atau piring bekas wadah makanan tersebut. Jika menggunakan pengawet formalin, biasanya makanan akan menjadi agak kenyal ketika dimakan.

Untuk mengurangi praktek penggunaan formalin maupun bahan pengawet dan pewarna itu, diharapkan pemerintah dapat segera turun tangan dengan memberikan pengetahuan yang cukup kepada masyarakat.

Banyaknya penggunaan formalin, zat pewarna dan zat kimia lainnya di masyarakat, disebabkan oleh dua hal yakni karena kurangnya pengetahuan masyarakat akan dampak bahan kimia terhadap kesehatan dan untuk mempertahankan hidup di tengah himpitan ekonomi saat ini. Masyarakat awam umumnya memang tidak mengetahui apakah bahan makanan yang dikonsumsi tersebut mengandung bahan berbahaya atau tidak. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban bagi pemerintah maupun petugas kesehatan untuk melindungi masyarakat, termasuk dari bahan makanan yang berbahaya.***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: